Rabu, 02 Desember 2009

Bathara Ismaya dewa yang menjadi semar

Bathara Ismaya ( Ismaya babar wujud )

Bathara Ismaya adalah seorang dewa yang tampan,putra dari Bathara Tunggal dan cucu dari Sang Hyang Wenang.silsilahnya sebagai berikut:

Sang Hyang Nurcahya

I

Sang Hyang Nurrasa

I

Sang Hyang Wenang

I

Sang Hyang Tunggal berputera 3 orang yaitu : 1. Bathara Antaga

2. Bathara Ismaya

3. Bathara Manikmaya ( Bathara Guru)

ketiga putera bathara Tunggal berparas tampan tanpa cacat fisik.dan Bathara Ismaya inilah yang menjadi ki lurah Semar.

cerita singkatnya seperti ini:

Bathara Tunggal yang bertahta di kahyangan Alam Kumitir meminta kepada ke tiga puteranya agar membangun keraton untuk tinggal mereka bertiga.Batara Ismaya lah yang paling menonjol kesaktiannya,dan diciptakannya sebuah keraton yang megah dan besar diatas gunung Mahameru ( kalau di tanah Hindi disebut gunung Himalaya ).keraton itu disebut sebagai Kahyangan karena berada di puncak gunung.dan deberi nama Kahyangan Jong Giri Salaka ( jonggringsalaka ).merasa Bathara Ismaya yang menciptakan maka dia lah yang pantas menjadi raja dewa,perkataan Ismaya ditentang oleh sang kakak yaitu Bathara Antaga,Antaga lah yang pantas menjadi raja dewa karena dialah saudara paling tua.pertengkaran mulut terjadi dan sama-sama ingin berkuasa.akhirnya mereka membuat sayembara,barang siapa yang bisa dan mampu menelan dan mengeluarkan lagi gunung yang berada tidak jauh dari kahyangan maka orang itulah yang akan menjadi raja dewa.

Bathara Antaga segera mengeluarkan semua ilmu dan kesaktiannya,dia segera memakan gunung itu,tapi tak sanggup menelannya.akhirnya mulut yang terus dipaksakan mendadak menjadi lebar menganga dan wajahnya pun mendadak berubah total.giliran Bathara Ismaya,dia bisa memakan dan menelan gunung itu,tapi tak sanggup untuk mengeluarkan lagi,tiba-tiba tubuh Ismaya membengkak besar dan pantat nya pun menjadi besar ( seperti gambar di atas ,Ismaya babar wujud ).merasa bersalah , mereka berdua memohon ampun pada ayahnya.sudah menjadi takdir dari YANG MAHA KUASA,mereka berdua harus pasrah menerimanya.maka Bathara Manikmaya lah yang harus bertahta di kayangan Jong Giri Salaka.dan Bathara Tunggal memberi nama baru pada Antaga yakni : TOGOG. sedangkan Ismaya berganti nama SEMAR.untuk menebus kesalahannya mereka berdua tidak diperkenankan tinggal di kahyangan.dan Togog diserahi tugas mendidik dan mengasuh satria dan raja yang berwatak angkara, sedangkan Semar diserahi tugas mengasuh satria dan raja yang berwatak luhur.Sedangkan Bathara Manikmaya bergelar Sang Hyang Jagat Giri Nata.

kenapa Bathara Manikmaya bisa bertangan 4 dan mempunyai sapi Lembu Handini ?

ikuti kisah selanjutnya…….



4 komentar:

  1. Salam Kenal mas,

    Saya kebetulan lewat blog ini dan saya melihat gambar2 wayang gagrak yogyakarta. saya hanyalah kolektor gambar2 wayang dan juga hobby menggambar wayang (terutama wayang kurawa dan kera) untuk koleksi pribadi saja. kalo boleh saya tahu, darimana mas bisa dapat gambar2 dan sumber wayang ini dan jika berkenan mungkin kita bisa bertukar info dan gambar wayang.

    maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan,

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Salam kembali dari saya,
    mas cristhoper.., terima kasih telah membaca dan melihat-lihat blog saya . hobby saya sama seperti anda mas.,gambar menggambar wayang bahkan sampai ke pembuatannya. kebetulan saya punya koleksi foto2 wayang dari kraton Jogyakarta.
    anda bisa mendapatkan file foto2 dalam format cd.
    tapi ada maharnya lo.....

    BalasHapus
  3. apa boleh saya beli mas? dan kalo boleh tahu alamat anda di mana ya di Jogjanya, kebetulan saya punya wayang yang mau di benarkan gapitnya, dan kalau sempat mungkin saya ingin mampir kalau pulang ke jogja nanti.

    apa boleh saya add google talknya?

    terima kasih.

    BalasHapus
  4. Beli foto-fotonya dlm format cd tentu boleh..,
    saya tinggal di Magelang , mampir ke rumah.nanti saya benerin gapit wayangnya.
    anda bisa call /sms ke nomer saya :
    081804093540

    BalasHapus